Sabtu, 27 April 2013

Ekstraksi dan Enfleurasi Minyak Atsiri Bunga Mawar Absolut


Industri minyak bunga termasuk salah satu agroindustri yang sudah sejak lama berkembang di Negara Persia, Turki, dan Bulgaria (Guanther, 1987). Bahkan prospek jenis industri ini memiliki keuntungan yang tinggi. Namun, dalam pembuatan minyak bunga khususnya bunga mawar memiliki kesulitan. Pembuat harus tahu arti dari minyak itu sendiri dan juga harus memperhatikan saat melakukan proses pembuatan minyak mawar.
Minyak atsiri dikenal dengan nama minyak eteris, yaitu bahan yang bersifat mudah menguap (volatile), mempunyai rasa getir, dan bau yang mirip dengan tanaman asalnya. Bahan bisa diambil dari bagian-bagian tanaman seperti daun, buah, biji, bunga, akar, kulit kayu, bahkan seluruh bagian tanaman. Proses produksi minyak atsiri dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu: (1) ekstraksi, dan (2) enfleurasi. Ekstraksi minyak atsiri merupakan cara pengambilan minyak dengan menggunakan pelarut. Hal ini cocok untuk mengambil minyak bunga yang kurang stabil dan dapat rusak oleh panas. Pelarut yang dapat digunakan untuk melakukan ekstraksi minyak atsiri antara lain kloroform, alkohol, aseton, eter, serta lemak. Di dalam proses ekstraksi, dilakukan proses penyulingan, yaitu metode yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan minyak atsiri. Penyulingan dilakukan dengan mendidihkan bahan baku di dalam ketel suling, sehingga terdapat uap yang diperlukan untuk memisahkan minyak atsiri dengan cara mengalirkan uap jenuh dari ketel pendidih air (boiler) ke dalam ketel penyulingan. Sedangkan enfleurasi minyak atsiri merupakan cara pengambilan minyak atsiri bunga dari lemak sebagai absorben yang telah jenuh dengan aroma wangi bunga, di mana proses penyerapan aroma oleh lemak terjadi dalam keadaan tanpa pemanasan. Hasil jadi dari pengambilan minyak atsiri dapat digunakan untuk kebutuhan dalam industri food flavouring, industri komestik dan wewangian.
Jadi, untuk dapat membuat minyak mawar yang berkualitas diharuskan untuk mengetahui dan memiliki keahlian dalam proses produksi minyak mawar.
Dalam hal ini, saya Insan Jati Nirmala selaku mahasiswa di STMIK AMIKOM Yogyakarta dengan NIM 10.11.3624, memiliki usaha yaitu produksi minyak atsiri bunga mawar absolut. Produk ini, dipasarkan dengan harga promosi rose oil dari hasil ekstraksi dan enfleurasi. Untuk sementara, kami hanya mampu membuat dengan kapasitas produk per bulan ± 200-300 gram. Bagi siapa saja yang tertarik dengan produk kami, dapat menghubungi di nomor 08990768136.

2 komentar:

  1. harganya berapa mbak?

    BalasHapus
  2. Kalau ingin bertanya proses pembuatannya bisa? Saya sangat ingin mencobanya juga

    BalasHapus